Langsung ke konten utama

INTERSTELLAR : PERJALANAN KE LUAR ANGKASA UNTUK AKSI PENYELAMATAN MAKHLUK BUMI



[Paramount Pictures / Warner Bros. / Legendary Pictures / Syncopy]. Directed by Christopher Nolan. Starring Matthew McConaughey, Anne Hathaway, Michael Caine, Jessica Chastain, Mackenzie Foy, John Lithgow, Wes Bentley, David Gyasi. Genre Adventure. Release Date 7 November 2015. Runtime 169 minutes. Rate 8.8/10. Motion Picture Rating (MPAA) Rated PG-13 for some intense perilous action and brief strong language.


Do not go gentle into that good night. Old age should burn and rave at close of day. Rage, rage against the dying of the light ” ----Dr. Brand

Setelah tahun 2013 kita disuguhkan oleh Alfonso Cuaron dengan filmnya yang berlatar belakang space, Gravity. Kini giliran Christopher Nolan yang sukses membuat para pecinta film terpukau melalui filmnya Batman Trilogy dan Inception ini dengan sajian film yang berlatar belakang space, Interstellar. FYI, Film Interstellar ini terinspirasi dari teori fisikawan Kip Thorne dan metode tentang perjalanan luar angkasa dalam novel Contact karya Carl Sagan. So, bersiap-siaplah kalian untuk melihat perjalanan ke luar angkasa! 

Saat itu bumi dilanda bencana dimana semua tanaman mati hanya menyisakan tanaman jagung serta badai debu yang terus-terusan tidak berhenti membuat bumi seakan-akan berakhir. Profesor John Brand (Michael Caine) adalah seorang peneliti dari NASA yang bertahun-tahun melakukan riset bahwa ada planet yang bisa ditempati layaknya bumi di galaksi lain. Hal ini dilakukan untuk aksi penyelamatan umat manusia melihat keadaan bumi yang sudah semakin parah. Cooper (Matthew McConaughey) adalah seorang petani yang berintelektual sekaligus seorang pilot yang handal. Cooper tinggal bersama ayah mertuanya, Donald (John Lithgow) dan kedua anaknya, Tom (Timothee Chalamet) dan Murph (Mackenzie Foy). Hubungan Cooper dengan kedua anaknya sangatlah dekat, terutama dengan si bungsu yaitu Murph.



Murph, sang anak percaya bahwa ada sosok hantu di kamarnya. Ini dibuktikan dengan buku-buku yang tertata rapi di raknya selalu saja jatuh. Dan Murph mencoba memecahkan misteri itu dengan menggunakan sandi morse. Namun, sang ayah kurang setuju dengan keyakinan anaknya itu. Sang ayah, Cooper mencoba meneliti hal tersebut dan ternyata buku-buku yang terjatuh itu dikarenakan adanya gravitasi. Dengan adanya gravitasi itu, Cooper dan Murph memperoleh sebuah titik koordinat yang mana mengantarkan mereka ke markas NASA. Saat Cooper dan Murph berada di markas NASA, Cooper bertemu dengan Dr. Brand. Dr. Brand mengatakan bahwa NASA sudah bertahun-tahun meneliti tentang adanya planet lain yang bisa ditempati seperti bumi di galaksi lain yakni planet Mann, Miller dan Edmunds. Dan Dr. Brand meminta Cooper untuk melakukan Lazarus Missions yakni misi perjalanan ke luar angkasa untuk meneliti planet tersebut dengan menggunakan pesawat luar angkasa, Endurance bersama ahli biologi Amelia Brand (Anne Hathaway), fisikawan Doyle (Wes Bentley) dan Romily (David Gyasi), serta kedua robot, TARS dan CASE. 



Akhirnya Cooper melakukan Lazarus Missions itu dengan alasan untuk menyelamatkan keluarganya dan seluruh umat manusia di bumi. Akan tetapi, Murph tidak setuju ayahnya melakukan misi tersebut. Murph tidak ingin ayahnya pergi meninggalkannya. Murph mengatakan kepada ayahnya untuk tetap tinggal, karena hantu yang ada di kamarnya memberikan Murph kode yang bertuliskan “stay”. Namun, Cooper tetap pada pilihan untuk melakukan Misi Lazarus itu.


Setelah berada di luar angkasa dengan menggunakan Endurance, Cooper bersama Amelia, Doyle, Romily, TARS, dan CASE masuk ke dalam Wormhole untuk menuju ke planet Miller. Di planet Miller, mereka harus bergegas untuk mengambil data di planet itu karena adanya perbedaan dimensi waktu yakni satu jam di planet itu setara dengan tujuh tahun di bumi. Namun, saat pengambilan data mereka dihadapkan dengan gelombang laut yang sangat tinggi dan menyebabkan Doyle meninggal. Ketika Cooper dan Amelia kembali ke Endurance, mereka telah kehilangan 23 tahun.




Di bumi, Murph (Jessica Chastain) yang tumbuh dewasa menjadi seorang peneliti NASA sekaligus menjadi asisten Profesor Brand. NASA akan meluncurkan space stations melalui gravitasi. Namun, masalah tentang gravitasi itu belum kunjung terpecahkan. Dr. Brand sudah mencoba untuk memecahkan masalah gravitasi tersebut, namun belum juga selesai. Saat, menjelang kematiannya, Dr. Brand mengaku bahwa ia telah berbohong mengenai gravitasi itu. Gravitasi itu sudah perna ia pecahkan meski hanya separuh hasilnya. Dan Murph yang saat itu berada di sisinya sontak kaget dan tidak percaya. Dengan pernyataan Dr. Brand itu, Murph menyelesaikan masalah gravitasi itu dengan menambahkan data singular blackhole.   


Segi filming, sinematografi, screenplay, visual effect, music hingga scoring, semuanya sempurna. How epic they are! Saya sebagai penikmat film ini merasa kesulitan apa lagi yang harus dinilai semuanya menurut saya sangat luar biasa bagus sekali. Sekali lagi Christopher Nolan memberikan sajian film kepada para penikmat film dengan intelektualitas tinggi nan berkelas. Christopher is very markable. Tidak bisa berkata-kata lagi untuk mengungkapkan bagaimana pikiran saya tentang keseluruhan film ini. Saya rasa Interstellar merupakan film sci-fi yang paling terbaik dalam abad ini. Every scene of this movie is amazing. Nolan is masterpiece. He brings me like an adventure space and get a lots of things about science theories. Interstellar is incredibly beautiful to watch, just go watch it right now—I mean right now. (anr)
 

Curious? Watch Interstellar Official Trailer first! 

 



Komentar

  1. This movie is about a tribute to 69's song after death impressions of a sailor, or an astronaut, during his very emotional and uncertain voyage to the Eternal Shore ..
    https://www.youtube.com/watch?v=sweMzbsJl1g

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIG EYES: KISAH NYATA TENTANG SENI DAN SENI PENIPUAN

[The Weinstein Company / Electric City Entertainment] . Directed by Tim Burton. Starring Amy Adams, Christoph Waltz, Danny Huston, Krysten Ritter, Jason Schwartzman, Terence Stamp, Jon Polito. Genre Drama, Crime, Biography. Runtime 105 minutes. Rate 7.4/10. Motion Picture Rating (MPAA) Rated PG-13 for thematic elements and brief strong language. “Menurutku, apa yang Keane lakukan itu luar biasa. Pastilah karyanya bagus. Jika tidak, maka tidak akan ada orang sebanyak itu yang menyukainya.” –Andy Warhol Big Eyes adalah sebuah film biografi yang disutradarai oleh Tim Burton. Film ini merupakan based on true story mengenai kehidupan sosial di era 50-an. Fyi, ini merupakan film pertama live-action Tim Burton tanpa adanya kolaborasi antara Johnny Depp maupun Helena Bonham Carter.  Big Eyes menceritakan tentang kisah seorang pelukis bernama Margaret. Dirinya adalah seorang pelukis wanita yang menghasilkan mahakarya luar biasa hingga terkenal di seluruh dunia. Nam

The Hundred-Foot Journey: Ketika India dan Perancis Bertemu Melalui Makanan

[Amblin Entertainment/DreamWorks Studios/Harpo Films] Sutradara Lasse Hallstörm . Penulis Skenario Steven Knight. Pemain Helen Mirren, Om Puri, Manish Dayal, Charlotte Le Bon. Genre Drama, Comedy, Romance. Durasi   124 menit. Rate 8/10.      “Indian cannot become French, and the French cannot become Indian”—Papa Makanan bisa dikatakan sebagai penghubung atas sebuah perbedaan, salah satunya perbedaan antara dua kultur yang berbeda. Merayakan tema yang diusung oleh Grand Story Magazine kali ini, Tolerance and Acceptance , agaknya bisa dilakukan dengan cara menonton film-film yang memiliki tema relevan. Film The Hundred-Foot Journey salah satunya. Film yang disutradarai oleh Lasse Hallstörm ini berfokus pada bagaimana cara ketika dua kultur yang berbeda bertemu. The Hundred-Foot Journey merupakan film drama bernuansa makanan yang diangkat berdasarkan novel karya Richard C. Morais, seorang ekspatriat Amerika yang lahir di Portugal dan besar di Switzerland, disutra

GONE GIRL : PSIKOPAT-PEMBUNUH YANG PENUH PERHITUNGAN

[Twentieth Century Fox Film Corporation / Regency Enterprises / TSG Entertainment] . Directed by David Fincher. Starring Ben Affleck, Rosamund Pike, Neil Patrick Harris, Tayler Perry, Carrie Coon, Kim Dickens. Genre Drama, Mystery, Thriller. Realease Date 3 Oktober 2014. Runtime 149 minutes. Rate 8.2/10. Motion Picture Rating (MPAA) Rated R for a scene of bloody violence, some strong sexual content/nudity, and language. “ When two people love each other and they can't make that work, that's the real tragedy ”—Anne Dunne Film Gone Girl merupakan film garapan sutradara David Fincher yang memfokuskan pada kisah seorang istri yang menghilang. Hebatnya, ketika melihat film ini ibarat bermain puzzle atau bahkan seperti naik roller coster. Penuh teka-teki, misteri, dan tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. For your information, film Gone Girl ini menjadi film David Fincher dengan penghasilan terbesar menggantikan film The Curious Case of Benja